Connect with us

Bulungan

Puskesmas Tanjung Selor Raih Predikat Sempurna, Sudjati: Pertama di Kaltara

Bupati Bulungan Saat Menyerahkan Predikat Sempurna kepada Kepala Puskesmas Tanjung Selor

INDONUSABIZ.com, TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, H Sudjati, SH menyerahkan Sertifikat Reakreditasi kepada Puskesmas Tanjung Selor yang mendapat predikat status Paripurna, pertama se-Kalimantan Utara pada Selasa (25/2). Kemudian Puskesmas Bumi Rahayu juga berhasil mendapat predikat status Utama.
“Selamat kepada Puskesmas yang setelah reakreditasi berhasil menaikkan statusnya, saya harap peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga terus ditingkatkan,” ujar Bupati dalam kegiatan Penilaian Kinerja Puskesmas se-Kabupaten Bulungan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Bulungan, di Jl Sengkawit, Tanjung Selor. Kegiatan diisi pula penyerahan piagam penghargaan Kinerjaa Puskesmas Terbaik Perkotaan untuk Puskesmas Tanjung Selor, Terbaik Pedesaan untuk Puskesmas Antutan serta Terbaik Terpencil untuk Puskesmas Long Bia.

Dijelaskan, Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) adalah agenda rutin di lingkungan Dinas Kesehatan, yang tujuannya adalah menilai seberapa baik pencapaian program kesehatan yang telah diamanatkan kepada Puskesmas pada tahun lalu. Kemudian dari kegiatan ini akan diketahui pula kendala yang dihadapi dan bagaimana rencana tindak lanjutnya ke depan.

“Kegiatan ini didasarkan antara lain pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 828 tahun 2008 tentang Penilaian Kinerja Puskesmas,” ungkapnya. Dilanjutkan, PKP dilakukan untuk melihat sejauh mana Puskesmas melaksanakan fungsinya, yaitu sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, serta sebagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama.

Diingatkan, kegiatan PKP bertujuan agar Puskesmas menilai diri sendiri apa yang telah dicapai dan memperbaiki atau meningkatkannya di masa mendatang. Kemudian Puskesmas dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalahnya sendiri, mencari penyebab dan pemecahannya. Lalu Puskesmas dan Dinas Kesehatan dapat menentukan tingkat urgensi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan berdasar prioritas yang ada. Selanjutnya Dinas Kesehatan dapat menetapkan dan mendukung kebutuhan sumber daya Puskesmas dan menentukan tingkat urgensi pembinaan untuk masing-masing Puskesmas.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kinerja Puskesmas yang berkualitas secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di Kabupaten Bulungan,” pesan Bupati. (mn/pb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bulungan