Connect with us

INFO DPRD

Sujarwo: Sudah Saatnya Berau Menuju Smart City

Ilustrasi: Suasana Kota Tanjung Redeb Berau

INDONUSABIZ.com, TANJUNG REDEB – Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sujarwo Arif Widodo mengatakan, sudah semestinya Kabupaten Berau menjadi kota pintar atau smart city, seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi di Bumi Batiwakkal.

Smart City sendiri menurut politisi partai Nasdem itu merupakan kolaborasi teknologi yang mampu mengitegrasikan nilai dari tiga aspek yaitu masyarakat, pemerintah, dan teknologi untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“ Saat ini coba lihat sudahkah dinas-dinas secara menyeluruh mengusung digitalisasi dalam setiap pelayanan masyarakat, Jangan-jangan justru banyak dinas yang tidak punya internet, atau ada internet tapi jaringanya tidak bagus,” ujarnya.

Padahal menurutunya, Pemkab mampu menyediakan layanan yang serba digitalisasi tersebut, namun semua itu tetap kembali kepada pimpinananya mau atau tidak mengembangkan berau menjadi kota pintar. Atau bahkan sampai saat ini pemerintah Kabupaten Berau tidak memikirkan ini sama sekali.

Sebenarnya, kata dia, jika ingin melihat beberapa indikator kota ini berkembang atau tidak melalui masuknya sejumlah investor besar ke berau. Salah satu contohnya masuknya sejumlah waralaba nasional, serta menjamurkan hotel hotel mewah

“Semakin pesatnya berau saat ini sudah semestinya daerah melirik konsep kota pintar atau smart city untuk megimbangi tuntutanperkembangan zaman apalagi saat ini berau punya potensi yang cukup besar,” paparnya. “Contoh kecil saja, adakah berau punya CCTV di setiap jalan, tidak ada kan, padahal berau mampum tapi kenapa tidak mau,” tambahnya.

Ia menyebut, secara Infrastruktur meski mampu menjadi kabupaten smart city,namun tanpa keinginan dari pemimpin daerah yang kurang dalam melakukan transformasi digital melalui smart city sulit untuk di lakukan. Konsep kota masa depan masih sulit untuk direalisasikan.(mn/bt*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INFO DPRD